DIATAS BATU INI SAYA MELETAKAN PERADABAN ORANG PAPUA, SEKALIPUN ORANG MEMILIKI KEPANDAIAN TINGGI, AKAL BUDI DAN MARIFAT TETAPI TIDAK DAPAT MEMIMPIN BANGSA INI, BANGSA INI AKAN BANGKIT DAN MEMIMPIN DIRINYA SENDIRI.
( Pdt. I.S.Kijsne Wasior 25 Oktober 1925 )

Kamis, 19 Agustus 2010

TUTUP PERUSAHAN KELAPA SAWIT DARI PAPUA


Dampak Berdirinya Perkebunan Kelapa Sawit (Elaeis guineensis jack) Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Suku Yerisiam, Kecamatan Yaur, Kabupaten Nabire, Propinsi Papua).

Oleh : Robertino Henebora

Pembangunan di sektor pertanian pada tahapan tertentu akan membuat peluang pengembangan agribisnis yang cukup besar, karena bertumpu diatas landasan keunggulan komparatif dalam memproduksi berbagai bahan mentah berupa komoditas perkebunan, hortikultura, peternakan dan perikanan serta peluang pasar baik dalam maupun luar negeri. Peluang-peluang agribisnis yang tercipta akan menimbulkan stimulan terhadap investasi di bidang agribisnis, yang diikuti dengan berdirinya perusahan-perusahaan yang bergerak dibidang ini.

Berdirinya perusahaan-perusahaan di suatu daerah tertentu akan berpengaruh secara makro terhadap kondisi perekonomian nasional serta memiliki dampak terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat di sekitar perusahan-perusahan itu didirikan.

Sehubungan dengan uraian diatas, berdirinya PT.Nabire Baru sebagai salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang berada di desa Sima kecamatan Yaur Kabupaten Nabire Propinsi Papua, tentu memiliki pengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat disekitar lokasi perkebunan PT. Nabire Baru tersebut. Perubahan yang terjadi akibat berdirinya perkebunan kelapa sawit akan menimbulkan hal-hal positif atau sebaliknya, akan menimbulkan hal-hal negatif yang justru merugikan masyarakat sekitarnya.

Hal inilah yang mendorong saya untuk mengajak saudara-saudari sekalian mennangapai ancaman ini dengan serius, saran dan tanggapan sangat di harapkan dari sudara-saudari sekalian. Sudah cukup masayarakat suku Komoro di tipu oleh pihak kapitalis PT. Freport, jangan lagi masyarakat suku Yerisiam di tipu oleh PT. Nabire Baru.

R. Hanebora adalah aktivis DPR LPNR-PB Jayapura

Tidak ada komentar:

KOLOM KOMENTAR

PAPUAN PICTURE

Arkilaus Baho

FREEPORT PERUSAHAAN TERBURUK DI DUNIA

KOTAK PESAN