DIATAS BATU INI SAYA MELETAKAN PERADABAN ORANG PAPUA, SEKALIPUN ORANG MEMILIKI KEPANDAIAN TINGGI, AKAL BUDI DAN MARIFAT TETAPI TIDAK DAPAT MEMIMPIN BANGSA INI, BANGSA INI AKAN BANGKIT DAN MEMIMPIN DIRINYA SENDIRI.
( Pdt. I.S.Kijsne Wasior 25 Oktober 1925 )

Sabtu, 22 Mei 2010

FREEPORT PENENTU INDONESIA DAN PAPUA BARAT



JFK, Indonesia,
CIA & Freeport Sulphur

oleh: Lisa Pease


Prolog Apa yang lalu. Ditulis di Arsip Nasional, Washington, DC

Dalam Bagian Satu dari artikel ini ( Probe, Maret-April, 1996 ) kita berbicara tentang tahun-tahun awal Freeport sampai melalui pengambilalihan tambang Kuba mereka berpotensi menguntungkan di Moa Bay, serta mereka berjalan dengan Presiden Kennedy atas pengadaan isu ini.


Tapi konflik terbesar yang akan dihadapi Freeport Sulphur adalah perumahan negara atas cadangan emas tunggal terbesar di dunia dan cadangan tembaga terbesar ketiga: Indonesia. Untuk memahami masalah terbaru ( Maret 1996 ) kerusuhan di pabrik Freeport, kita perlu pergi ke akar usaha ini untuk menunjukkan bagaimana hal-hal yang mungkin sangat berbeda yang telah Kennedy tinggalkan untuk melaksanakan rencananya untuk Indonesia.

Indonesia backstory

Indonesia telah ditemukan oleh Belanda pada akhir tahun 1500-an. Selama tahun 1600-an awal mereka didominasi oleh Perusahaan Hindia Belanda, perhatian pribadi, selama hampir 200 tahun. Pada 1798, otoritas di Indonesia dipindahkan ke Belanda, yang tetap berkuasa atas negeri ini kelima terbesar di dunia hingga 1941, di mana saat itu Jepang pindah selama Perang Dunia II.

Pada tahun 1945 Jepang kalah di Indonesia. Sukarno dan Mohammad Hatta diangkat menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia yang baru merdeka. Tapi dalam satu bulan dari Sukarno / Hatta dalam proklamasi kemerdekaan, unit tentara Inggris mulai mendarat di Jakarta untuk membantu memulihkan pemerintahan kolonial Belanda.

Empat tahun pertempuran terjadi. Pada tahun 1949, Belanda secara resmi menyerahkan kedaulatan kembali ke Indonesia, dengan pengecualian satu daerah kunci - yaitu hotspot yang sekarang dikenal sebagai Irian Jaya atau sekarang Papua Barat.

Penulis Gerard Colby dan Charlotte Dennett, dalam buku mereka, menjelaskan situasi di apa yang kemudian disebut Nugini Belanda: Biaya pil esidrix, Orto Evra c.o.d. menunjukkan

Untuk Barat, New Guinea adalah seperti anak berbakat menarik dalam arah yang berlawanan dengan wali tamak. Yang melekat Belanda ke bagian barat sebagai satu-satunya sisa yang luas sekali-kerajaan mereka Hindia Timur. sekutu lama mereka Inggris, bertindak melalui Australia, menguasai bagian timur ( Papua Nugini ). Tetangga Indonesia, di sisi lain, berpikir bahwa semua Guinea Baru adalah bagian dari wilayah nasional mereka, bahkan jika itu masih dijajah oleh Eropa.

Nugini Belanda, atau Irian Barat sebagai orang Indonesia menyebutnya, dihuni oleh suku-suku asli tidak jauh dari budaya zaman batu, seperti Dani dan Amungme. Ketika Indonesia berjuang untuk menuntut kemerdekaan dari Belanda, Irian Barat menjadi simbol bagi kedua belah pihak yang tidak ingin melepaskan. Ini akan mengambil upaya Presiden Kennedy akhirnya lulus menguasai wilayah ini untuk orang Indonesia yang baru merdeka, menghapus sisa-sisa kolonialisme Belanda.

Indonesia mengalami berbagai jenis pemerintah. Ketika Sukarno pertama naik ke tampuk kekuasaan di tahun 1945, orang asing menunjukkan bahwa pemerintahan Sukarno muncul "fasis," karena ia memegang kendali tunggal atas begitu banyak dari pemerintah.

Tunduk pada tekanan asing agar tampak lebih demokratis, Indonesia menerapkan sistem pemerintahan parlementer dan membuka pemerintah ke sistem multipartai. Sukarno terkait apa yang diikuti penulis biografinya ( sekarang kabel pembawa acara gossip ) Cindy Adams: Motilium sekarang biaya rendah, Motilium usa dan canada

Dalam suatu bangsa sebelumnya membantah kegiatan politik, hasilnya langsung. Lebih dari 40 partai berbeda bermunculan. Jadi ketakutan itu kita menjadi berlabel "kediktatoran fasis Jepang yang disponsori" bahwa individu-individu tunggal membentuk organisasi sempalan itu ditoleransi sebagai "juru bicara demokrasi." Partai politik tumbuh seperti rumput liar dengan akar dangkal dan kepentingan atas-berat dengan keegoisan kecil dan suara-catching.

Perselisihan internal tumbuh. Kami menghadapi bencana, konflik tanpa akhir, kebingungan mendahsyatkan. Indonesia sebelumnya bersama sekarang menarik menarik terpisah. Mereka potong ke dalam kotak agama dan geografis, hanya apa yang akan saya berkeringat semua dari kehidupan saya untuk mengeluarkan mereka.

Sukarno terkait bahwa hampir setiap enam bulan, kabinet jatuh, dan pemerintahan baru akan start up, hanya untuk mengulang siklus. Pada tanggal 17 Oktober 1952 hal-hal yang datang ke kepala. Ribuan tentara dari tentara Indonesia menyerbu gerbang dengan tanda berkata "Larutkan Parlemen." Sukarno menghadapi pasukan secara langsung, dengan tegas menolak untuk membubarkan parlemen karena tekanan militer, dan tentara mundur.

Hasil ini adalah tentara terpecah belah. Ada yang "pro- militer 17 Oktober 1952 " dan "anti-militer 17 Oktober 1952." Pada tahun 1955, pemilu diadakan dan aturan parlementer berakhir dengan suara. Komunis, yang telah melakukan paling untuk orang yang menderita efek samping mengkonversi dari pemerintahan kolonial ke kemerdekaan, memenangkan banyak kemenangan pada tahun 1955 dan 1956.

Pada tahun 1955, Sukarno menyelenggarakan Konferensi Bandung yang terkenal Komunis Cina Chou En Lai adalah fitur tamu. Selama pemilihan umum 1955, CIA telah memberikan satu juta dolar untuk partai Masyumi-partai oposisi untuk partai Nasionalis baik Sukarno dan Partai Komunis di Indonesia ( disebut PKI )-dalam upaya untuk mendapatkan kontrol politik negara. Namun pihak Masyumi gagal untuk memenangkan hati dan pikiran rakyat.

Pada tahun 1957, sebuah usaha pembunuhan dilakukan terhadap Sukarno. Meskipun para pelaku yang sebenarnya tidak dikenal pada waktu itu, baik Sukarno dan CIA melompat untuk menggunakan ini untuk tujuan propaganda.

CIA cepat menyalahkan PKI. Sukarno, menyalahkan Belanda, dan menggunakan ini sebagai alasan untuk menangkap semua mantan kepemilikan Belanda, termasuk pengiriman dan terbang baris. Sukarno bersumpah untuk mengusir Belanda dari Irian Barat. Dia sudah mencoba menyelesaikan perselisihan panjang yang berdiri di wilayah melalui PBB, tetapi kalah suara mayoritas dua pertiga yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah komisi untuk memaksa Belanda untuk duduk dengan orang Indonesia. Percobaan pembunuhan memberikan alasan sangat dibutuhkan untuk bertindak.

Kemenangan kaum Komunis, pertarungan di tentara, dan 1957 dari nasionalisasi kepemilikan mantan Belanda, menyebabkan situasi keprihatinan yang mendalam bagi kepentingan bisnis Amerika, khususnya industri minyak dan karet.

CIA penuh semangat bernada dalam, membantu untuk memicu pemberontakan antara luar, sumber daya yang kaya, pulau, dan pemerintah pusat yang berbasis di Jakarta, Jawa.

Minat Rockefeller di Indonesia


Dua perusahaan minyak terkemuka Amerika berbasis melakukan bisnis di Indonesia saat ini adalah keluarga Rockefeller-dikendalikan Minyak Standar: Stanvac ( bersama-sama diadakan oleh Standard Oil of New Jersey dan Socony Mobil-Socony menjadi Standard Oil of New York ), dan Caltex, ( bersama-sama dimiliki oleh Standard Oil of California dan Texaco).

Dalam Bagian I dari artikel ini kita menunjukkan bagaimana sarat muatan papan Freeport Sulphur bersama keluarga Rockefeller dan sekutu. Ingat bahwa Augustus C. Long adalah anggota dewan Freeport selama menjabat sebagai Ketua Texaco selama bertahun-tahun. Long menjadi lebih dan lebih menarik sebagai cerita berkembang. 1958: CIA vs Sukarno

"Saya pikir waktu yang kami mengadakan kaki Sukarno ke api," kata Frank Wisner, kemudian rencana Deputi Direktur CIA, pada tahun 1956. Pada 1958, setelah gagal membeli pemerintah melalui proses pemilu, CIA mengobarkan operasi penuh di Indonesia. Operasi hike, seperti yang disebut, melibatkan pelatihan dan mempersenjatai puluhan ribu masyarakat Indonesia serta sebagai "tentara bayaran" untuk memulai serangan dengan harapan menurunkan Sukarno.

Joseph Burkholder Smith adalah mantan agen CIA terlibat dalam operasi Indonesia selama periode ini. Dalam bukunya, Potret dari Warrior Dingin, ia menggambarkan bagaimana CIA membawanya pada diri mereka sendiri untuk membuat, tidak hanya untuk memberlakukan kebijakan di daerah ini:

Sebelum tindakan langsung terhadap posisi Sukarno bisa diambil, kita harus mendapatkan persetujuan dari kelompok-Khusus Group kecil atas pejabat Dewan Keamanan Nasional yang menyetujui rencana aksi rahasia. Ide Prematur menyebutkan seperti ditembak jatuh ...

Jadi kami mulai kuasai Departemen Pertahanan Negara dan intelijen departemen ... Ketika mereka telah membaca laporan cukup mengkhawatirkan, kami berencana untuk musim semi saran kita harus mendukung rencana kolonel 'untuk mengurangi kekuasaan Sukarno.

Ini adalah metode operasi yang menjadi dasar dari banyak petualangan aksi politik dari tahun 1960-an dan 1970-an. Dengan kata lain, pernyataan tidak benar bahwa CIA melakukan campur tangan dalam urusan negara-negara seperti Chili hanya setelah diperintahkan untuk melakukannya ...

Dalam banyak kasus, kami membuat program aksi atas diri kita sendiri setelah kami mengumpulkan intelijen cukup untuk membuat mereka muncul dibutuhkan oleh keadaan tersebut. Kegiatan kami di Indonesia pada 1957-1958 adalah salah satu contoh tersebut.

Ketika Duta Besar untuk Indonesia menulis Washington dari perbedaan pendapat secara eksplisit dengan situasi penanganan CIA, Allen Dulles punya saudara John Foster menunjuk seorang Duta Besar yang berbeda untuk Indonesia, satu lagi menerima kegiatan CIA.

Selain kegiatan paramiliter, CIA mencoba trik perang psikologis untuk mendiskreditkan Sukarno, seperti lewat desas-desus bahwa ia telah dirayu oleh seorang pramugari Soviet. Untuk itu, Sheffield Edwards, Kepala Kantor CIA Keamanan, meminta Kepala Kepolisian Los Angeles untuk membantu dengan proyek film porno membuat CIA untuk melawan Sukarno, seolah-olah menunjukkan Sukarno melanggar aturan. Lain yang terlibat dalam upaya ini Robert Maheu, dan Bing Crosby dan saudaranya.

Badan berusaha mempertahankan partisipasi kudeta yang rahasia, tapi satu "tentara bayaran" bertemu sebelumnya. Ditembak jatuh dan ditangkap selama menjalankan pemboman, Allen Lawrence Pope sedang membawa semua jenis ID pada orang untuk menunjukkan bahwa ia adalah seorang karyawan CIA. Pemerintah AS, sampai kepada Presiden Eisenhower, berusaha untuk menyangkal bahwa CIA terlibat sama sekali, tetapi wahyu Paus mengolok-olok ini. Tidak takut dengan menggerakkan, seperti telah Arbenz di Guatemala, Sukarno marshalled kekuatan-kekuatan yang setia kepadanya dan menindas pemberontakan dibantu CIA. Sebelum Teluk Babi, operasi tunggal ini gagal ( 1959: Gunung Tembaga )

Pada titik ini, Freeport Sulphur menandatangani gambar Indonesia. Pada bulan Juli, 1959, Charles Wight, kemudian Presiden Freeport dan dilaporkan plot mengobarkan anti-Castro dan terbang ke Kanada dan Kuba dengan Clay Shaw ( lihat Bagian I dari artikel ini ) sibuk mempertahankan perusahaannya terhadap Komite House pengisian yang berlebihan tuduhan Pemerintah bijih nikel untuk diolah di pabrik milik Pemerintah di Nicaro, Kuba.

Komite merekomendasikan agar Departemen Kehakiman mengejar penyelidikan. Moa Bay Freeport Mining Company baru saja dibuka, dan sudah di Kuba masa depan tampak suram. Pada bulan Agustus, 1959, Direktur Freeport dan insinyur Forbes Wilson bertemu dengan Jan van Gruisen, managing director Perusahaan Kalimantan Timur, guna melirik pertambangan.

Gruisen baru saja menemukan sebuah laporan berdebu pertama dibuat pada tahun 1936 mengenai sebuah gunung yang disebut "Ertsberg" ("Copper Mountain") di New Guinea Belanda, oleh Jean Jacques. Tersembunyi selama bertahun-tahun di perpustakaan Belanda selama serangan Nazi, laporan baru-baru ini muncul kembali. Jean Jacques melaporkan sebuah gunung berat dengan bijih tembaga.

Jika benar, ini bisa membenarkan upaya diversifikasi Freeport baru ke dalam tembaga. Wilson kabel dari kantor pusat Freeport New York meminta izin dan uang untuk melakukan upaya eksplorasi bersama dengan Perusahaan Kalimantan Timur. Kontrak ini ditandatangani 1 Februari 1960.

Dengan bantuan seorang pemandu lokal, Wilson menghabiskan beberapa bulan berikutnya di tengah-tengah penduduk selama didekat bebatuan saat ia ditempa melalui tempat-tempat yang dilewati dekat dalam perjalanan ke Ertsberg.

Wilson menulis sebuah buku tentang perjalanan ini, berjudul The Conquest of Copper Mountain. Ketika ia akhirnya tiba, ia bersemangat pada apa yang ia temukan: gelar luar biasa tinggi mineralisasi ... The Ertsberg ternyata 40% sampai 50% besi ... dan 3% tembaga ... Tiga persen cukup kaya untuk deposit tembaga ... The Ertsberg juga mengandung sejumlah tertentu bahkan lebih jarang perak dan emas.

Dia mengirim telegram kembali pesan dalam kode diatur sebelumnya untuk segera-to-be Presiden Freeport, Bob Hills di New York:

... tiga belas batu di atas tanah seluas 14 hektar tambahan setiap kedalaman 100 meter sampling warna progresif muncul jalan keluar akses gelap hebat semua tangan serta menyarankan sextant salam.

"Tiga belas are" berarti 13 juta ton bijih di atas tanah. "Warna tampak gelap" berarti bahwa nilai kadar baik. "Sextant" adalah kode untuk Perusahaan Borneo Timur.

Ekspedisi sudah berakhir pada bulan Juli 1960. Dewan Freeport tidak ingin meneruskan usaha baru dan diperkirakan mahal pengambilalihan fasilitas penambangan mereka di Kuba.

Tapi dewan memutuskan untuk setidaknya percepat dengan tahap berikutnya dari eksplorasi: penyelidikan yang lebih rinci dari sampel bijih dan potensi komersial.

Wilson menggambarkan hasil dari upaya ini:

[M] ining konsultan dikonfirmasi perkiraan kami sebesar 13 juta ton bijih diatas tanah dan lain 14.000.000 di bawah tanah untuk setiap 100 meter dari kedalaman. konsultan lain diperkirakan bahwa biaya tanaman untuk proses 5.000 ton bijih hari akan sekitar $ 60 juta dan bahwa biaya produksi tembaga akan menjadi 16 ¢ per pon setelah kredit untuk sejumlah kecil emas dan perak yang terkait dengan tembaga.

Pada saat itu, tembaga dijual di pasar dunia untuk sekitar 35 sen per pon. Dari data tersebut, departemen keuangan Freeport menghitung bahwa perusahaan dapat memulihkan investasi dalam tiga tahun dan kemudian mulai mendapatkan keuntungan yang menarik.

Operasi itu terbukti secara teknis sulit, yang melibatkan helikopter yang baru ditemukan dan latihan berlian. Situasinya rumit pecahnya perang-dekat antara Belanda-yang masih menduduki Irian Barat dan kekuatan Sukarno yang mendarat di sana untuk merebut kembali tanah mereka sendiri.

Bahkan pertempuran pecah di dekat jalan akses ke usaha Freeport. Pada pertengahan 1961, insinyur Freeport sangat merasa bahwa proyek tersebut harus dikejar. Tapi saat itu, John F. Kennedy mengambil alih kantor Presiden. Dan dia sedang mencari kursus jauh berbeda dari pemerintahan sebelumnya.
Kennedy dan Sukarno

"Tidak heran Sukarno tidak menyukai kita sangat banyak Dia harus duduk bersama orang-orang yang berusaha menggulingkannya.." - Presiden Kennedy, 1961

Sampai saat Kennedy, bantuan yang ditawarkan ke Indonesia terutama dari negara ini datang kebanyakan dalam bentuk dukungan militer. Kennedy punya ide lain. Setelah pertemuan 1961 positif dengan Sukarno di Amerika Serikat, Kennedy ditunjuk sebuah tim ekonom untuk mempelajari cara-cara yang bantuan ekonomi dapat membantu Indonesia mengembangkan cara-cara yang konstruktif.

Kennedy mengerti bahwa Sukarno mengambil bantuan dan senjata dari Soviet dan Cina karena ia membutuhkan bantuan, bukan karena ia ingin jatuh di bawah pemerintahan komunis. Bantuan Amerika akan mencegah Sukarno dari menjadi tergantung pada pasokan Komunis. Dan Sukarno sudah meletakkan pemberontakan komunis tahun 1948. Bahkan Departemen Luar Negeri di Amerika Serikat mengakui bahwa Sukarno nasionalis lebih dari Komunis.

Namun tujuan menekan selama jangka pendek Kennedy adalah masalah Irian Barat. Belanda telah mengambil suatu sikap yang lebih agresif, dan Sukarno menganggap sikap militer Amerika sebagai sekutu untuk keduanya, tertangkap di tengah. Kennedy meminta Ellsworth Bunker untuk mencoba menengahi perjanjian antara pemerintah Belanda dan Indonesia. "Peran mediator," kata Kennedy, "bukan merupakan satu bahagian, kami siap untuk memiliki semua orang gila jika membuat kemajuan."

Hal itu membuat semua orang gila. Tapi hal itu membuat kemajuan. Pada akhirnya, Amerika Serikat menekan Belanda di belakang layar untuk menghasilkan ke Indonesia. Bobby Kennedy terdaftar dalam upaya ini, mengunjungi Sukarno di Indonesia dan Belanda di Den Haag. Kata Roger Hilsman.

Soekarno datang untuk mengakui di Robert Kennedy integritas tangguh yang sama dan loyalitas yang ia lihat di saudaranya, Presiden, digabungkan dengan pemahaman yang benar tentang apa yang nasionalisme baru benar-benar.

Jadi, dengan tawaran awal yang telah dibuat untuk Sukarno dan Den Haag, Bunker mengambil alih sepele mendapatkan masing-masing pihak untuk berbicara satu sama lain. Itu, Belanda tidak mau mengakui dengan sisa-sisa terakhir dari kerajaan mereka sekali-besar untuk musuh mereka, bukan untuk mendesak Irian Barat untuk menjadi sebuah negara yang merdeka.

Namun Sukarno tahu itu simbol untuk orang-orangnya akhir kemerdekaan dari Belanda. Dan semua tahu bahwa penduduk asli Papua tidak ada harapan untuk membentuk berbagai jenis fungsi pemerintah, yang hanya memiliki baru-baru ini didorong dari keberadaan primitif ke dunia modern.

PBB memilih untuk menyerahkan sepenuhnya Irian Barat ke Indonesia, dengan ketentuan bahwa, oleh 1969, rakyat Irian Barat akan diberikan kesempatan untuk memilih apakah akan tetap bersama atau memisahkan diri dari Indonesia. Kennedy memanfaatkan kesempatan itu, menerbitkan Nota Aksi Keamanan Nasional (NSAM) 179, tanggal 16 Agustus 1962:

Dengan penyelesaian damai sengketa Irian Barat sekarang di prospek, saya ingin melihat kita memanfaatkan peran AS dalam mempromosikan penyelesaian ini untuk bergerak ke arah yang baru dan hubungan yang lebih baik dengan Indonesia. Aku menyimpulkan bahwa dengan masalah ini diselesaikan orang Indonesia juga ingin bergerak ke arah ini dan akan memberi kita banyak permintaan.

Untuk memanfaatkan kesempatan ini, akan semua instansi terkait silakan tinjau program mereka untuk Indonesia dan menilai langkah-langkah lebih lanjut apa yang mungkin berguna. Aku ada dalam pikiran kemungkinan tindakan sipil diperluas, bantuan militer, dan stabilisasi ekonomi dan program pembangunan serta inisiatif diplomatik.

Roger Hilsman menguraikan apa yang dimaksud dengan tindakan Kennedy civic: "rehabilitasi kanal, pengeringan rawa untuk membuat sawah-sawah baru, pembangunan jembatan dan jalan, dan seterusnya."

Freeport dan Irian Barat

Bantuan Kennedy di brokering kedaulatan Indonesia atas Irian Barat hanya bisa datang sebagai pukulan bagi dewan Freeport Sulphur's. Freeport sudah memiliki hubungan positif dengan Belanda, yang telah memerintahkan misi eksplorasi awal di sana.

Selama periode negosiasi, Freeport mendekati PBB, tetapi PBB mengatakan Freeport harus membicarakan rencana mereka dengan para pejabat Indonesia. Ketika Freeport pergi ke kedutaan besar Indonesia di Washington, mereka tidak mendapat tanggapan.

Meratapi Forbes Wilson:

Tidak lama setelah Indonesia memperoleh kendali atas New Guinea Barat pada tahun 1963, maka Presiden Sukarno, yang telah konsolidasi kekuasaan eksekutif-nya, membuat serangkaian langkah yang akan putus asa bahkan investor yang paling bersemangat di Barat prospektif.

Dia mengambil alih hampir semua investasi asing di Indonesia. Ia memerintahkan lembaga Amerika, termasuk Badan Pembangunan Internasional, untuk meninggalkan negara itu. Dia dibudidayakan hubungan dekat dengan Komunis Cina dan Partai Komunis Indonesia, yang dikenal sebagai PKI.

1962 telah menjadi tahun yang sulit bagi Freeport. Mereka berada di bawah serangan terhadap masalah menimbun. Freeport masih reeling dari memiliki fasilitas yang menguntungkan mereka diambil alih di Kuba. Dan sekarang mereka duduk, menatap potensi kekayaan di Indonesia. Tetapi dengan Kennedy memberikan dukungan diam-diam ke Sukarno, harapan mereka tampak suram memang.

Pembalikan Fortunes

Kennedy meningkatkan paket bantuan untuk Indonesia, menawarkan $ 11 juta. Selain itu, ia merencanakan kunjungan pribadi pada tahun 1964 awal. Sementara Kennedy berusaha untuk mendukung Sukarno, kekuatan lain yang melawan upaya mereka.

Perbedaan pendapat Publik di Senat brewed atas terus untuk membantu Indonesia, sedangkan pihak Komunis di sana tetap kuat. Kennedy bertahan. Dia menyetujui paket bantuan khusus pada November 19 tahun 1963. Tiga hari kemudian, Sukarno kehilangan sekutunya terbaik di barat. Tak lama, ia akan kehilangan paket bantuan juga.

Sukarno jauh terguncang oleh berita kematian Kennedy. Bobby melakukan perjalanan Presiden awalnya direncanakan untuk mengambil, pada Januari, 1964. Cindy Adams bertanya Sukarno apa pendapatnya tentang Bobby, dan mendapat lebih dari dia memintanya.

Sukarno wajah berseri-seri. "Bob sangat hangat Dia seperti kakaknya.. Aku mencintai saudaranya. Dia mengerti saya. Saya merancang dan membangun sebuah rumah khusus tamu di istana untuk John F. Kennedy, yang berjanji ia akan datang ke sini dan menjadi Presiden Amerika pertama yang pernah membayar kunjungan kenegaraan ke negara ini. " Dia terdiam. "Sekarang dia tidak akan datang."

Sukarno berkeringat bebas. Dia berulang kali mengusap keningnya dan dada. "Katakan padaku, mengapa mereka membunuh Kennedy?"

Sukarno mencatat dengan ironi bahwa hari Kennedy dibunuh, ia Kepala pengawal berada di Washington untuk mempelajari bagaimana untuk melindungi presiden. Melihat ke masa depan, ia tidak optimis:

Aku tahu Johnson ... Aku bertemu dengannya ketika aku bersama Presiden Kennedy di Washington. Tapi aku bertanya-tanya apakah dia hangat seperti John. Aku ingin tahu apakah dia akan seperti Sukarno sebagai John Kennedy, teman saya, tidak.

LBJ dan Indonesia

Seperti orang lain telah dicatat, kebijakan luar negeri diubah dengan cepat setelah kematian Kennedy. Donald Gibson mengatakan dalam bukunya Battling Wall Street, "Dalam perubahan kebijakan luar negeri datang dengan cepat, dan mereka dramatis." Gibson menguraikan lima perubahan jangka pendek dan beberapa perubahan jangka panjang yang mulai berlaku setelah kematian Kennedy. Salah satu perubahan jangka pendek adalah pembalikan instan dari paket bantuan Indonesia Kennedy sudah disetujui. Hilsman menjelaskan hal ini juga.

Salah satu potongan kertas pertama untuk datang di meja Presiden Johnson adalah penentuan presiden ... dimana Presiden harus menyatakan bahwa melanjutkan bahkan bantuan ekonomi untuk Indonesia adalah penting bagi kepentingan nasional. Karena setiap orang di telepon itu diketahui bahwa Presiden Kennedy akan menandatangani tekad secara rutin, kami semua terkejut ketika Presiden Johnson menolak.

Seseorang di Freeport begitu senang dengan perilaku Johnson bahwa ia mendukung pemilihan presiden di 1964: Augustus C. "Gus" Long.

Ketua lama telah di Texas Company ( Texaco ) selama bertahun-tahun. Pada tahun 1964, ia dan sekelompok lain konservatif, sebagian besar moguls Republik bisnis, bergabung bersama untuk mendukung Johnson atas Goldwater. Kelompok, yang menyebut dirinya Komite Independen Nasional untuk Johnson, termasuk orang-orang seperti Thomas Lamont, Edgar Kaiser dari Kaiser Aluminium, Robert Lehman Lehman Brothers, Thomas Cabot dari Cabot Corporation Boston, dan tokoh-tokoh lain dari dunia bisnis.

Lama dua jari kaki dalam keributan Indonesia-satu untuk Freeport, satu untuk Texaco. Pada tahun 1961, Caltex-bersama yang dimiliki oleh Standard Oil of California (Socal) dan Texas Company (Texaco)-adalah salah satu dari tiga perusahaan minyak besar di Indonesia dipaksa untuk beroperasi dibawah kontrak baru dengan pemerintah Sukarno.

Berdasarkan ketentuan baru, 60% dari seluruh keuntungan harus diberikan kepada pemerintah Indonesia. Jadi, dia punya dua alasan untuk prihatin dengan dukungan Kennedy merek Sukarno nasionalisme, yang mengancam kepentingan kedua perusahaan di mana ia memiliki saham besar.

Dalam Bagian I, kami menyebutkan bahwa Long telah melakukan "pekerjaan sukarela yang luar biasa" untuk Presbyterian Hospital di New York, dikatakan oleh seorang mantan karyawan perusahaan PR mereka, Perusahaan Mullen, menjadi "ajang aktivitas CIA." Sekarang kita menambahkan bahwa Long terpilih menjadi Presiden Presbyterian Hospital dua tahun berturut-1961 dan 1962. Pada tahun 1964, Long pensiun perannya sebagai Ketua Texaco. Dia akan kembali sebagai Ketua pada tahun 1970. Apa yang dia lakukan untuk sementara?

Pada bulan Maret 1965, Long diangkat sebagai direktur Bank Kimia-perusahaan lain Rockefeller-dikendalikan.

Pada bulan Agustus 1965, Long diangkat sebagai Presiden Dewan Penasehat Intelijen Luar Negeri, di mana dia akan menyetujui dan menyarankan kegiatan rahasia.

Pada bulan Oktober 1965, kegiatan rahasia disegel nasib Sukarno ( 1965: Tahun Living Dangerously )

Setelah kematian Kennedy, Sukarno telah menjadi semakin agresif terhadap Barat. Inggris sibuk membentuk sebuah negara baru dari mantan mitra perdagangan di Indonesia Malaya dan Singapura, yang disebut "Malaysia."

Sejak daerah ini termasuk wilayah yang CIA telah meluncurkan beberapa aktivitas tahun 1958, Sukarno dibenarkan prihatin dengan apa yang ia rasakan adalah seorang yang pernah pengetatan tali.

Pada tanggal 1 Januari 1965, Sukarno mengancam akan menarik Indonesia keluar dari PBB jika Malaysia mengakui. Itu dan dia melakukannya, menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang keluar dari PBB Sebagai respon terhadap tekanan AS pada Sukarno untuk mendukung Malaysia, ia berteriak, "ke neraka dengan bantuan Anda." Dia membangun pasukannya di sepanjang perbatasan Malaysia. Malaysia takut invasi, mengajukan kasasi kepada PBB untuk dukungan.

Pada bulan Februari, Sukarno bisa melihat tulisan di dinding:

JAKARTA, Indonesia, Feb 23 ( UPI )-Presiden Sukarno mengumumkan hari ini bahwa Indonesia tidak mampu lagi kebebasan pers. Ia memerintahkan melarang surat kabar anti-Komunis.

"Aku memiliki informasi rahasia yang mengungkapkan bahwa CIA menggunakan Badan Promosi Sukarnoisme untuk membunuh Sukarnoisme dan Sukarno," katanya. "Itu sebabnya saya melarang itu." ( New York Times, 2/24/65 )

Negara ini kacau. demonstrasi anti-Amerika sering. Indonesia keluar dari Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia. Pers melaporkan bahwa Sukarno bergerak lebih dekat ke Cina dan Soviet. Sukarno mengancam akan menasionalisasi sisa properti AS, karena telah diambil alih, misalnya, salah satu operasi Amerika terbesar di Indonesia, Goodyear Tire dan Rubber Company. Dan kemudian, dalam bergerak tak terduga, Singapura memisahkan diri dari Malaysia, melemahnya negara yang baru terbentuk berbatasan dengan Indonesia.

Dengan kepentingan uang Amerika terancam, semua wortel biasa bantuan asing didorong, leverage melalui IMF atau Bank Dunia, dan Freeport Gus Long pada Presiden Intelijen Luar Negeri Dewan Penasehat, itu hanya masalah waktu, dan tidak banyak, pada .
1 Oktober 1965: Kudeta atau Counter-Kudeta?

INDONESIA BERKATA rencana untuk menggulingkan Soekarno digagalkan oleh ARMY KEPALA; BERPERANG TERUS

KUALA LUMPUR, Malaysia. 1 Okt-Upaya untuk menggulingkan Presiden Sukarno berhasil digagalkan oleh tentara unit malam yang setia kepada Jenderal Abdul Haris Nasution, radio Indonesia mengumumkan.

Di Washington, jurubicara Departemen Luar Negeri mengatakan, Jumat situasi di Indonesia adalah "sangat bingung." Robert J. McCloskey mengatakan pada jumpa pers Departemen Luar Negeri mulai laporan dari Kedutaan Besar Amerika di Jakarta, tetapi "tidak mungkin untuk mencoba setiap evaluasi, penjelasan, atau komentar."

Akhir kemarin, sebuah kelompok misterius yang menamakan dirinya Gerakan 30 September merebut kekuasaan Jakarta.

Kolonel Untung, yang telah mengumumkan di radio Indonesia bahwa ia adalah pemimpin gerakan itu, mengatakan kelompok itu merebut kekuasaan Pemerintah untuk mencegah sebuah "kontra" kudeta oleh Dewan Jenderal. (New York Times, 10/2-3/65 Edition, International)

Dalam bergerak, aneh berbelit-belit, sekelompok pemimpin militer muda membunuh sekelompok tua, para pemimpin yang moderat, mereka menyatakan, akan pergi dengan bantuan CIA-tahap kudeta terhadap Sukarno. Tapi apa yang terjadi sebagai akibat Indonesia ini berubah menjadi salah satu mimpi buruk paling berdarah di dunia yang pernah ada.

Ini asli counter-kudeta dicap bukan sebuah upaya kudeta, dan dicat dengan riang Merah mungkin. Kemudian, dalam penyamaran kemarahan bahwa otoritas Sukarno telah membahayakan, Nasution bergabung dengan Jenderal Suharto untuk menggulingkan "pemberontak." Apa yang dimulai tentu saja untuk melindungi otoritas Sukarno akhirnya pengupasan dia itu sepenuhnya.

Setelah itu terlalu mengerikan untuk menjelaskan dalam beberapa kata. Angka-angka berbeda-beda, tetapi konsensus terletak dalam kisaran 200.000 sampai lebih dari 500.000 orang tewas di belakang kudeta ini "counter-." Siapa saja yang pernah memiliki hubungan dengan PKI Komunis ditargetkan untuk eliminasi. Bahkan majalah Time memberi satu gambaran yang akurat tanda apa yang terjadi:

Menurut laporan dibawa keluar dari Indonesia dengan diplomat Barat dan pelancong yang independen, Komunis, Merah simpatisan dan keluarga mereka yang dibantai oleh ribuan orang. unit tentara Backlands dilaporkan dieksekusi ribuan Komunis setelah interogasi di penjara-penjara pedesaan terpencil. ... Bersenjata dengan pisau berbilah lebar disebut parang, band Muslim merayap di malam hari ke dalam rumah Komunis, membunuh seluruh keluarga dan mengubur mayat-mayat di kuburan dangkal. ... Kampanye pembunuhan menjadi sangat kurang ajar di bagian-bagian pedesaan Jawa Timur yang muslim band meletakkan kepala korban di tiang-tiang dan berparade mereka melalui desa-desa.

Pembunuhan telah pada skala bahwa pembuangan mayat telah menciptakan masalah sanitasi yang serius di Jawa Timur dan Sumatra utara, di mana udara lembab beruang bau busuk daging. Pelancong dari daerah kirim sungai kecil dan sungai yang telah benar-benar tersumbat dengan tubuh; transportasi sungai telah di tempat telah terhambat.

Zaman Akhir sejarah hari ini sering menggambarkan tindakan seperti ini: "Sebuah kudeta komunis yang gagal pada tahun 1965 mengakibatkan pengambilalihan anti-Komunis oleh militer, di bawah Jenderal Suharto." (Sumber: The Concise Columbia Encyclopedia) Tapi. Sebenarnya jauh lebih kompleks.

Indikator persuasif untuk ini terletak pada item berikut ini, dikutip dalam sebuah artikel yang luar biasa oleh Peter Dale Scott yang diterbitkan di jurnal Lobster Inggris (Fall, 1990). Scott mengutip seorang penulis mengutip seorang peneliti yang, yang telah diberi akses ke file dari kementerian luar negeri di Pakistan, berlari melintasi sebuah surat dari seorang mantan duta besar yang melaporkan sebuah percakapan dengan seorang perwira intelijen Belanda dengan NATO, yang mengatakan, menurut catatan peneliti ,

"Indonesia akan jatuh ke pangkuan Barat seperti apel busuk." badan-badan intelijen Barat, kata dia, akan mengadakan "kudeta komunis prematur ... [yang akan] ditakdirkan untuk gagal, memberikan kesempatan yang sah dan selamat datang tentara untuk menghancurkan komunis dan menjadikan Soekarno tawanan goodwill tentara." Laporan duta besar itu tertanggal Desember 1964.

Kemudian dalam artikel ini, Scott kutipan dari buku The CIA File:

"Yang saya tahu," kata salah seorang mantan perwira intelijen peristiwa Indonesia, "adalah bahwa Badan bergulir di beberapa orang top dan yang melanggar hal-hal besar dan sangat menguntungkan, sejauh yang kami khawatir."

Ralph McGehee, seorang veteran 25 tahun CIA, badan juga terlibat dalam sebuah artikel, masih sebagian disensor oleh CIA, diterbitkan dalam The Nation (April 11, 1981):

Untuk menyembunyikan perannya dalam pembantaian orang-orang yang tidak bersalah CIA, pada tahun 1968, meramu rekening palsu tentang apa yang terjadi (kemudian diterbitkan oleh Badan sebagai buku, Indonesia-1965: The Kudeta Itu menjadi bumerang). Buku itu adalah studi hanya politik Indonesia yang pernah dirilis ke publik pada inisiatif sendiri Agency. Pada saat yang sama Badan menulis buku itu, ia juga menyusun studi rahasia apa yang sebenarnya terjadi. [Satu kalimat dihapus.] Badan sangat bangga dengan sukses [satu kata dihapus] dan direkomendasikan sebagai model untuk operasi di masa depan [kalimat satu-setengah dihapus].

Freeport Setelah Sukarno

Menurut Forbes Wilson, Freeport semua menyerah harapan berkembang luar biasa yang ditemukan di Irian Barat. Tetapi sedangkan sisanya pers dunia masih berusaha mengungkap informasi yang rumit untuk benar-benar berkuasa, Freeport tampaknya memiliki jalur dalam.

Dalam esai yang disebutkan sebelumnya, Scott mengutip kabel (delegasi AS untuk PBB) yang menyatakan bahwa Freeport Sulphur telah mencapai kesepakatan "awal" dengan pejabat Indonesia selama Ertsberg pada bulan April 1965, sebelum ada sah bisa saja harapan di mata .

Secara resmi, Freeport tidak punya rencana tersebut hingga setelah peristiwa Oktober 1965. Tetapi bahkan cerita resmi tampak aneh Wilson. Pada awal November, hanya sebulan setelah peristiwa Oktober, Ketua lama dari Freeport, Langbourne Williams, menelepon Direktur Wilson di rumah, menanyakan apakah waktu telah tiba untuk mengejar proyek mereka di Irian Barat. reaksi Wilson menyebut ini menarik:

Aku sangat terkejut aku tidak tahu harus berkata apa.

Bagaimana Williams tahu, begitu cepat, bahwa rezim baru berkuasa? Soekarno masih Presiden, dan akan tetap demikian secara resmi sampai 1967. Hanya dalam orang dalam tahu dari awal bahwa hari-hari Sukarno dihitung, dan kekuasaan-Nya lemah. Wilson menjelaskan bahwa Williams mendapat informasi "pribadi mendorong" dari "dua eksekutif Texaco." Long perusahaan telah berhasil mempertahankan hubungan dekat dengan seorang pejabat tinggi rezim Sukarno, Julius Tahija. Itu Tahija yang ditengahi pertemuan antara Freeport dan Ibnu Sutowo, Menteri Pertambangan dan Perminyakan. Majalah Fortune mengatakan ini tentang Sutowo (Juli 1973):

Sebagai presiden direktur Pertamina [milik negara minyak Pemerintah] perusahaan, Letnan Jenderal Ibnu Sutowo menerima gaji hanya $ 250 per bulan, tapi hidup dalam skala pangeran.

Dia bergerak di sekitar Jakarta pada pribadi nya Silver Cloud Rolls-Royce. Dia telah membangun sebuah kompleks rumah-rumah beberapa keluarga, yang begitu besar bahwa tamu di pesta pernikahan putrinya bisa mengikuti keseluruhan menunjukkan hanya pada televisi sirkuit tertutup.

... Garis antara kegiatan Sutowo itu publik dan swasta akan tampak kabur di mata Barat. Restoran Ramayana di New York [dalam] Rockefeller Center-catatan penulis, misalnya, bankrolled oleh berbagai eksekutif perusahaan minyak AS, yang disiapkan sebesar $ 500.000 untuk masuk ke semacam terkenal berisiko bisnis. Mungkin pendukung yang termotivasi setidaknya sebagian oleh keinginan untuk mempunyai hubungan baik dengan umum.

Tapi di luar penghargaan ini meragukan, sedikit sesuatu yang lain, juga terungkap:

masih Sutowo perusahaan minyak kecil memainkan peran kunci dalam bankrolling operasi-operasi penting [selama peristiwa Oktober 1965.]

Mengingat kekayaan bukti bahwa CIA sangat terlibat dalam operasi ini, tampaknya mungkin bahwa Sutowo juga bertindak sebagai saluran dana mereka.

Setelah jatuhnya Sukarno dari kekuasaan, Sutowo membangun sebuah perjanjian baru yang memungkinkan perusahaan-perusahaan minyak untuk menyimpan persen secara substansial lebih besar dari keuntungan mereka. Dalam sebuah artikel berjudul "Minyak dan Nasionalisme Mix cantik di Indonesia" (Juli, 1973), Fortune berlabel kesepakatan pasca-Sukarno "sangat menguntungkan perusahaan minyak."

Pada tahun 1967, ketika Hukum Investasi Luar Negeri Indonesia disahkan, kontrak Freeport yang pertama ditandatangani. Dengan Kennedy, Sukarno, dan dukungan yang layak untuk nasionalisme Indonesia keluar dari jalan, Freeport mulai beroperasi.

Pada tahun 1969, suara diamanatkan oleh perjanjian Kennedy ditengahi PBB pada pertanyaan kemerdekaan Irian Barat telah jatuh tempo. Di bawah intimidasi berat dan mendalam kehadiran militer, Irian "memilih" untuk tetap menjadi bagian dari Indonesia. Freeport berada di jelas.

Sambungan Bechtel

Gus Long adalah partner makan malam sering Steve Bechtel, Sr, pemilik dengan Direktur CIA John McCone, dari Bechtel-McCone di Los Angeles pada tahun tiga puluhan. McCone dan Bechtel, Sr membuat berkas dari Perang Dunia II, split, dan pergi jalan mereka tidak terlalu terpisah. Menulis penulis Laton McCartney di Teman di High Tempat: The Bechtel Story,

[I] n 1964 dan 1965, direktur CIA John McCone dan Duta Besar AS untuk Indonesia Howard Jones Steve Bechtel Sr penjelasan tentang situasi di Indonesia memburuk dengan cepat. Bechtel, Socal, Texaco ... memiliki hubungan yang luas di bagian dunia dan prihatin karena Indonesia Presiden Sukarno nasionalisasi kepentingan bisnis AS di sana. ... Pada bulan Oktober 1965, dalam apa yang sejumlah alumni CIA sejak dibebankan adalah sebuah kudeta yang didukung Badan, Sukarno digulingkan dan digantikan oleh Presiden Soeharto, yang terbukti jauh lebih bisa menerima kepentingan bisnis AS daripada pendahulunya.

Bechtel tidak asing dengan CIA. Bechtel Sr pernah menjadi anggota charter dari saluran CIA Asia Foundation dari awal sebagai gagasan Allen Dulles '. Mantan Direktur CIA Richard Helms dirinya bergabung dengan Bechtel, sebagai konsultan "internasional" pada tahun 1978. Kata seorang mantan eksekutif, Bechtel adalah:

Sarat dengan CIA. Badan ini tidak perlu meminta mereka untuk menempatkan agen-agennya ... Bechtel sangat senang menerima mereka dan memberi mereka apa pun bantuan yang mereka butuhkan.

Bechtel Sr 's "tertua dan teman terdekat di industri minyak," Gus Long, punya masalah. proyek Freeport jauh lebih sulit daripada mereka meramalkan, dan mereka perlu bantuan dari luar. Jalan pegunungan ke gunung tembaga "" membuat ekstraksi hampir mustahil. Freeport Bechtel disewa untuk membantu mereka membangun infrastruktur yang sesuai untuk mengubah impian mereka menjadi kenyataan.

Bechtel datang dengan tambahan. Freeport dibutuhkan dana tambahan untuk proyek mahal Indonesia mereka. Bechtel Sr telah mendapatkan dirinya ditunjuk untuk komite penasihat Ekspor-Impor (Exim) bank setelah periode panjang cozying hingga presiden bank Exim Henry Kearns. Freeport tidak senang dengan tidak adanya kemajuan dan biaya operasi Bechtel's. Forbes Wilson mengancam akan menjatuhkan mereka dari proyek tersebut. Bechtel Sr melompat masuk, mengatakan ia akan membuat proyek Bechtel's prioritas utama. Dia juga menjamin mereka $ 20 juta pinjaman dari bank Exim. Ketika insinyur bank Exim yang tidak berpikir bahwa proyek Freeport tampaknya komersial dan tidak akan menyetujui pinjaman mereka, Bechtel Sr disebut Kearns, dan pinjaman itu pergi melalui atas keberatan dari insinyur bank. Tiga tahun kemudian, Kearns akan mengundurkan diri dari bank ketika terungkap bank telah memberikan pinjaman murah hati untuk beberapa proyek yang diinvestasikan Kearns secara pribadi. Meskipun Senator Proxmire menyebutnya "terburuk konflik kepentingan" yang pernah dilihatnya di tujuh belas tahun di Senat, Departemen Kehakiman menolak untuk mengadili. Said Proxmire:

Ini akan muncul untuk jutaan warga Amerika yang ada standar ganda dalam hukum, satu untuk warga biasa dan sangat lain bagi mereka yang memegang posisi tinggi di pemerintahan dan membuat ribuan dolar di keuntungan pribadi sebagai hasil dari tindakan resmi.

Bechtel membantah tuduhan dari mantan karyawan yang tersebar lebih dari $ 3 juta tunai di Indonesia pada awal 70-an.

Tragedi pembunuhan Kennedy terletak pada warisan kiri di belakang ketidakhadirannya. Tanpa dukungan itu, bayi di Indonesia langkah-langkah menuju kemerdekaan, nyata ekonomi hancur. Sukarno, tidak suci dan dengan banyak masalah, namun berusaha untuk memastikan bahwa bisnis yang berhubungan dengan orang asing meninggalkan beberapa manfaat bagi orang Indonesia.

Soeharto, dalam kontras mengerikan, asing diizinkan untuk memperkosa dan menjarah Indonesia untuk keuntungan pribadi, dengan harga dan kehidupan, sumber daya berharga tak tergantikan dari Indonesia. Cindy Adams menulis buku tentang pengalamannya dengan Sukarno, bernama My Friend yang Dictator. Jika Sukarno diktator, apa ada istilah untuk Soeharto?

Freeport tambang Grasberg di Indonesia adalah salah satu cadangan tembaga dan emas terbesar di dunia. Tapi perusahaan berbasis Amerika memiliki 82% dari usaha itu, sementara pemerintah Indonesia dan kepedulian swasta di Indonesia split persen yang tersisa.

Seberapa besar pengaruh Freeport di Indonesia? Dapatkah mereka benar-benar mengatakan bahwa mereka memiliki kepentingan terbaik di jantung Indonesia?

Kissinger dan Timor Timur

Pada tahun 1975, tambang Freeport dengan baik ke dalam produksi dan sangat menguntungkan. Direktur dan pelobi Freeport Masa Depan Henry Kissinger dan Presiden dan mantan anggota Komisi Warren Gerald Ford terbang dari Jakarta telah diberikan Pemerintah Indonesia di bawah Suharto apa pejabat Departemen Luar Negeri kemudian digambarkan sebagai "wink besar." Soeharto menggunakan militer Indonesia untuk mengambil alih wilayah Portugis Timor Timur, diikuti oleh pembantaian massal yang disaingi pertumpahan darah tahun 1965.

Kata seorang mantan agen CIA operasi yang ditempatkan di sana pada waktu itu, C. Philip Liechty:

Soeharto diberi [lampu hijau oleh] AS untuk melakukan apa yang dia lakukan. Ada diskusi di kedutaan dan lalu lintas dengan Departemen Luar Negeri tentang masalah yang akan dibuat untuk kami jika publik dan Kongres menyadari tingkat dan jenis bantuan militer yang akan ke Indonesia pada waktu itu. ... Tanpa dukungan logistik berat militer AS Indonesia tidak mungkin bisa menarik jika off.

Pada tahun 1980, Freeport bergabung dengan McMoRan-eksplorasi minyak dan perusahaan pengembang yang dipimpin oleh James "Jim Bob" Moffett. Dua menjadi satu, dan Moffett (the "Mo" dalam McMoRan) akhirnya menjadi Presiden Freeport McMoran.
Teman di Tempat Tinggi.

Pada tahun 1995, Freeport McMoran berhasil spin off itu Freeport McMoRan Copper & Gold Inc anak sebuah entitas yang terpisah. Overseas Private Investment Corporation (OPIC) menulis Freeport McMoRan Copper dan Gold bahwa mereka berencana untuk membatalkan asuransi investasi mereka berdasarkan catatan miskin lingkungan mereka di Irian proyek mereka, yang menyatakan Freeport telah "mengajukan sebuah kesehatan lingkungan tidak masuk akal atau besar,, atau keselamatan bahaya di Irian Jaya. "

Freeport tidak duduk diam di atas pembatalan ini. Kissinger melaksanakan upaya lobi utama (yang ia dibayar $ 400.000 setahun), pertemuan dengan pejabat di Departemen Luar Negeri dan bekerja di lorong-lorong Capitol Hill. Sumber dekat dengan masalah ini, menurut Robert Bryce di edisi terbaru dari Texas Observer, mengatakan Freeport mempekerjakan mantan direktur CIA James Woolsey dalam memerangi OPIC.

Freeport, sekarang bermarkas di New Orleans, mengelola untuk menjaga teman-teman di tempat-tempat tinggi. Pada tahun 1993, kepala pro lobi -Soeharto adalah Senator kongres dari Louisiana, Bennett Johnson. Perwakilan Robert Livingston, dari Louisiana, diinvestasikan di Freeport Tembaga dan Emas sedangkan House berdebat dan memberikan suara pada HR 322-Eksplorasi Pengembangan Mineral dan Undang-Undang. Dan ketika Jeffery Shafer, salah satu direktur OPIC, baru-baru ini dinominasikan untuk janji untuk Wakil Nasional Urusan, itu lain pol Louisiana, kali ini Senator John Breaux, yang memilih untuk memblokir pengangkatan sampai Shafer memberikan penjelasan tentang pembatalan OPIC asuransi Freeport. Jim Bob Moffett, kepala Freeport McMoRan, terdaftar di online Ibu Jones '"Mojo Wire Coin-Op Kongres" survei terhadap 400 orang atas yang memberi uang sumbangan kampanye yang paling dalam.

Tindakan Freeport luar negeri tidak melacak layak satu-satunya itu. Di Louisiana itu sendiri, Freeport dan tiga perusahaan lain (dua di antaranya Freeport kemudian diakuisisi) dimohonkan pengecualian khusus untuk UU Air Bersih untuk membuang hukum 25000000000 limbah beracun ke sungai Mississippi. Warga protes, dan petisi Freeport ditolak. Freeport kemudian melobi untuk melemahnya pembatasan UU Air Bersih.

Warga Austin, Texas, telah berjuang untuk memblokir rencana Freeport untuk pengembangan real estat yang akan busuk Barton Springs, sebuah taman air yang populer di luar sana.

Menurut sebuah artikel baru-baru ini di The Nation (31/August Juli 7, 1995), Freeport adalah bagian dari Koalisi Wetlands Nasional, sebuah kelompok yang banyak menulis bahasa rancangan undang-undang yang dirancang untuk menghilangkan EPA pengawasan daerah lahan basah, membebaskan mereka untuk eksploitasi. Koalisi yang sama juga melobi untuk melemahkan Endangered Species Act. Bangsa ini mengungkapkan bahwa komite aksi politik Freeport sejak tahun 1983 telah membayar anggota kongres atas $ 730.000.
Skandal di UT

Catatan Freeport menyebabkan gempar di University of Texas di Austin baru-baru ini. departemen geologi universitas itu, yang telah melakukan penelitian di bawah kontrak untuk Freeport, baru-baru ini memberikan $ 2 juta sebagai uang oleh Jim Bob Moffett untuk bangunan baru. Kanselir sekolah, William Cunningham, ingin nama gedung setelah teman dan rekan kerja (Cunningham juga merupakan Direktur Freeport) Moffett. Banyak di kampus protes perkembangan ini. Antropologi profesor Stephen Feld mundur dari jabatannya dengan universitas atas masalah ini, mengatakan UT adalah "tidak lagi menjadi tempat kerja diterima secara moral." Protes tentang konflik Cunningham melayani kepentingan-UT dan Freeport-menyebabkan pengunduran diri Cunningham Desember lalu. Dia mengundurkan diri sehari setelah Freeport mengancam akan menggugat tiga dosen di Universitas yang telah keras di protes.

Siap di Brink tersebut

Sementara kemenangan moral memuji di Texas, teror nyata terus di pabrik Freeport di Indonesia.

Pada bulan Maret 1996, hanya sebagai isu terakhir kami pergi ke pers, kerusuhan pecah di pabrik Freeport di Irian Jaya (Sekarang Papua Barat). Ribuan orang berbaris di jalan-jalan di sekitar pabrik Freeport, di mana militer telah seperti baru-baru ini diadakan bulan Desember dan disiksa dalam kontainer pertambangan Freeport orang-orang yang tinggal dan protes di daerah itu. Aksi protes berakar dalam keinginan untuk kemerdekaan dari orang Papua, suku Amungme, dan penduduk asli Irian Jaya banyak yang tidak pernah Belanda, dan tidak pernah benar-benar Indonesia.

Karena kami pergi untuk mencetak, laporan sumber yang militer Indonesia telah mengambil alih banyak Keamanan stasiun Freeport di sekitar tambang. "Latihan Militer" adalah mengintimidasi orang-orang yang Maret kerusuhan di Freeport, menyebabkan pabrik kehilangan dua hari kerja dan jutaan dolar. Meskipun tidak ada jam malam telah disebut, orang laporan takut keluar di malam hari.

Suku-suku asli Amungme, orang Papua, dan lain-lain masih berharap untuk mempertahankan kemerdekaan dari apa yang mereka lihat sebagai hanya suatu bentuk baru kolonialisme: sikap tunduk untuk kepentingan Freeport. Menurut sebuah artikel New York Times (4/4/96), Freeport adalah investor tunggal terbesar di Indonesia.

Dengan dukungan Kennedy, Indonesia memiliki kesempatan untuk kemandirian ekonomi riil. Penduduk Papua dijanjikan suara nyata untuk pemerintahan sendiri. Tapi ketika Kennedy terbunuh, kediktatoran militer yang telah dipasang dan dilunasi sehingga kepentingan bisnis seperti Freeport telah diberi prioritas lebih tinggi daripada tuntutan sumber daya pribumi yang masih terjarah.

Kadang-kadang, apa yang kita tidak mengerti tentang berita hari ini adalah apa yang kita tidak tahu tentang pembunuhan Kennedy.

Link:

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

KOLOM KOMENTAR

PAPUAN PICTURE

Arkilaus Baho

FREEPORT PERUSAHAAN TERBURUK DI DUNIA

KOTAK PESAN